Kamis, 06 September 2018



RESENSI NOVEL WO AI NI ALLAH
 

Judul novel : Wo Ai Ni Allah
Karya : Vanny Chrisma W.
Editor : Akhmad Muhaimin Azzert
Terbit : Mei 2008
Penerbit : DIVA press

    Kisah tentang pencarian Tuhan. Seorang gadis empat belas tahun, Amei Chan, mengikuti jejak ayahnya untuk mencari Tuhan. Perjalanannya tak mudah, tantangan dari ibu dan lingkungan sekitar membuatnya berada di tempat asing. Tetapi tekadnya tak surut, dengan kekuatan yang datang entah dari mana,dan keberuntungan serta orang-orang baik yang menemuinya.

 Di dalam buku ini sarat akan nasehat dan makna. Tiap kalimat bijak dan tragedi yang terjadi mempunyai tujuan yang baik. Kisahnya juga penuh dengan kejutan yang tak terduga. Sayangnya, penulisan novel ini kurang logis dan masuk akal.
 Kekurangan lain dari novel ini adalah penulis yang menuliskan cerita seolah-olah sumbernya hanya dari daftar pustaka dan kejadian seperti dibuat-buat, tidak terlihat natural. Ketidaktahuan penulis antara ‘psikologi’ dan ‘psikiatri’. Nasehat keagamaan tidak disesuaikan dengan penerimanya.
 Kelebihan novel ini adalah penggambaran seseorang yang mencari jati diri dirinya tentang Tuhan yang sangat complicated.
 Akan lebih baik kalau penulis menitikberatkan cerita pada ajaran tauhid atau paling tidak ada satu bahasan yang menarik untuk dapat lebih mendalami suatu agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar